-

Google Ads

.

Membuat Stempel Nama



 
Dalam catatan sejarah Dinasti Song (906 – 1279) yang mencatat keadaan masyarakat Indonesia kuno, salah satu uraian menyatakan: “…mereka menulis dalam huruf Sanskrit dan raja mengenakan cincinnya sebagai stempel juga; mereka pun tahu huruf China dan kalau mengirim surat beserta upeti mereka menggunakan stempel cincin dalam huruf-huruf tersebut…” (Groeneveldt 1876:62-63).

Dari uraian tersebut jelas bahwa stempel sudah digunakan untuk mengesahkan surat-surat diplomatik pada jaman dahulu.

Berita China di atas menyebut stempel cincin (signet ring) yang dikenakan oleh raja. Stempel cincin itu tentunya berhias tulisan yang dibuat terbalik. Contoh mengenai ini dapat dilihat di Museum Nasional Jakarta. Di sini tersimpan koleksi stempel cincin sekitar 15 buah. Benda-benda ini bertulisan aksara Jawa Kuno yang dibuat terbalik, sebagian besar berbunyi “śrīhana”. Ditinjau dari sudut paleografi cincin-cincin stempel tersebut dibuat sekitar abad ke-12 – 13 M.



Untuk anda sekalian yang menginginkan memiliki sebuah stempel watermark sendiri, silahkan menggunakan aplikasi digital yang sudah tersedia dan ikuti panduan dibawah ini.

1. Silahkan kunjungi  chinese-tools
2. Persiapkan karakter huruf China yang sesuai nama anda.
3. Silahkan isi kolom sesuai gambar berikut ini.
4. Selesai dan simpan.
5. File tersebut dapat digunakan dalam karya anda.


Sekian postingan kali ini, ada salah dan kurangnya, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

4 Responses to "Membuat Stempel Nama"

  1. Mau tanya, nama mandarin saya terdiri dari 3 kata, saya sering lihat dalam chop ada 4 kata, kata ke 4 ini menunjukan apa ya ?

    BalasHapus
  2. saya kok tidak bisa yh

    BalasHapus

wdcfawqafwef