-

Google Ads

.

Nasehat Bijak Bukek Siansu 2





Postingan kali ini adalah kelanjutan dari  Nasehat Bijak Bukek Siansu 1 yang diambil dari buku silat Bukek Siansu (無極先師) jilid 1 sampai dengan jilid 24, karya Asmaraman Sukowati Khoo Ping Hoo. Sebelumnya mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam merangkum pesan yang ada didalam buku silat Bukek Siansu tersebut. Dikarenakan jumlahnya ada banyak, supaya anda sekalian tidak merasa bosan membacanya maka, pesan akan di bagi dalam beberapa postingan sesuai nomor judulnya.




  • Locianpwe mengalahkan mereka, berarti Locianpwe sakti sekali, Locianpwe mengampuni dan membiarkan mereka lolos, berarti Locianpwe budiman, dan Locianpwe tadi mencatat gerakan-gerakan mereka dan kemudian mengalahkan mereka dengan ilmu mereka sendiri yang sudah Locianpwe catat berarti Locianpwe cerdik sekali.
     
  • Akal dan kecerdikan memang amat perlu untuk mempertahankan hidup di dunia yang penuh bahaya ini. Tahukah engkau bahwa tanpa menggunakan akal budi, memanaskan hati mereka dengan mengalahkan mereka dengan ilmu mereka sendiri, kalau mereka maju bersama mengeroyokku, belum tentu aku dapat menang!
     
  • Menolong orang tidak hanya mengandalkan ilmu pengobatan, juga untuk menyelamatkan sesama manusia dari tindasan orang kuat yang jahat, diperlukan kepandaian.
     
  • Apa artinya filsafat kalau hanya untuk diafal? Tidak ada bedanya dengan benda mati yang hanya diulang-ulang, dipakai perhiasan, dijadikan alat untuk terbang melayang diawang-awang yang kosong.
  • Manusia yang berbatin lemah dan melakukan penyelewengan sama saja dengan seorang yang sedang menderita semacam penyakit, hanya bedanya, yang sakit bukan tubuhnya melainkan hatinya. Akan tetapi, setiap orang sakit bisa sembuh! Maka, menghukumnya dengan hukuman keji itu sama dengan membunuhnya!"
  • Dari manakah timbulnya pelanggaran yang disebut dosa? Kalau tidak ada hukum, mana mungkin ada dosa? Kalau tidak ada larangan, mana mungkin ada pelanggaran? Hukumlah yang menciptakan dosa dan pelanggaran, hukum adalah keji karena hukuman yang dijatuhkan sebetulnya lebih kotor daripada dosa itu sendiri! Kalau dia dianggap bersalah lalu dibuang ke Pulau Neraka, bukankah hal itu membuat dia menjadi makin jahat dan mendendam? Andaikata seorang penderita sakit, penyakitnya menjadi makin parah! Apakah hukuman pembuangan ke Pulau Neraka itu akan menginsafkannya?
  • Tapi dia telah terkena racun yang hebat, racun yang seratus kali lebih kejam daripada racun yang paling jahat di pulau Neraka! Dia telah terkena hasutan mulut wanita jahat itu
  • Kekhawatiranmu itu hanyalah permainan pikiran yang membayangkan hal yang belum terjadi. Singkirkan saja kekhawatiran kosong itu dan mari kita hadapi kenyataan.


Sumber: Bukek Siansu Jilid 1-24 


0 Response to "Nasehat Bijak Bukek Siansu 2"

Posting Komentar

wdcfawqafwef