-

Google Ads

.

Legenda Sepakbola Indonesia




Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Oei Sik Tjong
Sebagai putra Makassar dan sangat fasih berbahasa Makassar dalam keseharian, Tjong membangun karirnya mulai dari bawah sekali. Bermain pada tingkat kampung, bertanding sampai jauh ke pedalaman Sulawesi, seperti Pinrang, Kendari dan Buton.
Kemudian akhirnya, Tjong dapat bergabung dengan Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) pada pertenganhan 1950-an. Kala itu, PSM dijuluki sebagai Real Madrid-nya Indonesia (Juara PSSI tahun 1955 dan 1959)
Oei Sik Tjong (lahir 1937 - sekarang masih sehat) adalah seorang pemain ternama dari PSM era 1950an , beliau adalah kebanggaan orang Makassar, tapi jarang namanya jarang disebut dan dikenal oleh rakyat Indonesia.
Permainan Tjong sebagai kiper, dapat disejajarkan dengan kiper PSSI kala itu, seperti Jus Etek dan Paidjo. "Flying Action"nya yang sangat keren, ditunjukkan ketika pada februari tahun 1959, PSM bertanding di Jakarta, berhadapan dengan Kesebelasan Bulgaria yang berakhir seri 1-1. Juga tahun 1958, Tjong mendapatkan kepercayaan PSSI untuk turut tampil menghadapi Red Star (Chekoslowakia), Jerman Timur dan Costa Rica.

Istimewanya lagi, Tjong menurunkan bakat dan kemampuan pada putranya, Eduard Tjong. Pemain utama klub Arseto Solo, yang berhasil mengantarkan klubnya sebagai juara nasional Kompetisi Galatama pada tahun 1992.
Tjong adalah legenda sepakbola bangsa Indonesia, bukan hanya legenda bagi orang2 Makassar.
Kita Sebangsa, Setanah Air dan Setara.
Merdeka!

Sumber:
1. PSM, Bintang Lapangan Hidjau Indonesia, oleh Baso Amier, cetakan tahun 1961.
2. Majalah Aneka, 20 Januari 1958.
3. Majalah Aneka, 20 April 1959.
4.Koleksi Museum Pustaka Peranakan Tionghoa5. Azmi Abubakar

0 Response to "Legenda Sepakbola Indonesia"

Posting Komentar

wdcfawqafwef