-

Google Ads

.

Pendekar Dari Minang




Gambar mungkin berisi: 1 orang 

PHOA TEK AN

Satu pemain legenda dari Persatuan Sepakbola Padang (PSP) yang merupakan klub kesayangan orang Padang, adalah Phoa Tek An.
Tek An merupakan pemain utama Pandeka Minang (julukan PSP) pada era 1950an, dimana klub ini sedang berada di puncak kejayaannya. Debut pertama Tek An adalah ketika dipasang PSP untuk menghadapi kesebelasan ternama luar negeri, yaitu klub Nan Hua Hongkong.
Permainannya sangat memuaskan, sehingga dibawa oleh PSP dalam tour pertandingan di Pulau Jawa tahun 1956. Dalam kesempatan tersebut, Tek An tampil di 6 pertandingan di Malang, Solo dan Jakarta.
Ketika bertanding melawan Persija di Jakarta, Tek An tertarik bergabung dengan Persija, bukan karena kota Jakartanya yang modern, tapi karena di Persija ada pemain bola terbaik Indonesia saat itu, Tan Liong Houw (Macan Betawi). Keinginanya yang kuat untuk terus mengembangkan diri, membuatnya ingin bergabung dengan klub dimana Liong Houw bermain.


Tek An memang sudah menunjukkan kegilaannya terhadap sepakbola sejak masa SMP. Ia lebih tertarik pada bola daripada pelajaran sekolah. Kebanyakan waktunya dihabiskan dilapangan bola. Peringatan pihak sekolah, masuk ditelinga kirinya dan terus mengalir ketelinga kanan. Istimewanya, dia memang jago bermain bola, jika tidak entahlah seperti apa nasibnya dikemudian hari.
Berbicara dengan logat Padang yang kental, Tek An juga seorang pemberani dan sangat percaya diri. Walaupun tubuhnya pendek untuk ukuran rata2 pemain bola, dia tak ada merasa rendah diri.
"Biar pendek, saya sanggup menghadapi pemain2 yang bagaimanapun juga jangkungnya!" (Phoa Tek An)
Diantara nama2 besar pemain klub PSP Padang yang berdiri tahun 1928, seperti Yus Etek, Tjia Piet Kay, Mizarmi, Sagar Koto, Oyong Liza, Dzulfar Djezed, Azwar Pawang sampai Nil Maizar, tercatat juga satu nama besar pemain yang murah senyum (sangat murah, bahkan ketika berbicara juga sembari tersenyum) dialah PHOA TEK AN.
Kita Sebangsa Setanah Air dan SETARA
Merdeka!

Sumber:
1. Majalah Olahraga dan Film, Aneka. Edisi No.12, 20 Djuni 1957.
2. Koleksi Museum Pustaka Peranakan Tionghoa.

0 Response to "Pendekar Dari Minang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef